Pages

Sabtu, 05 Februari 2011

BRONKITIS

BAB 1
PENDUHULUAN


A. Latar Belakang
Bronkitis merupakan penyakit saluran pernafasan, biasanya penyakit ini didahului infeksi saluran pernafasan atas, bronkitis sering kali diderita oleh masyarakat pada pergantian musim, dari musim hujan ke musim panas. Banyak polusi udara juga menjadi faktor ekstrinsik bronkitis, dimulai dari invasi lewat nafas dan mulut, kuman bakteri. Virus masuk kedalam tubuh (saluran pernafasan), di dukung dengan keadaan imonitas tubuh yang menurun maka terjadi inflamasi pada bronkus, sehingga timbul gejala dini seperti suara sesak, stridor, dan nafas berbunyi.
Pada kasus bronkitis virus merupakan penyebab utama bronkitis misalnya Rhinovirus, Respiratory Sincyitial Virus (RSV), virus halmophilus influenza, adeno virus dan coxackie virus. Faktor predisposisi terjadinya bronchitis adalah : alergi, perubahan cuaca, polusi udara dan infeksi saluran pernafasan atas.
Biasanya pennyakit ini diderita anak umur ± 3 tahun, banyak faktor penyebabnya, tapi penyakit ini jarang terjadi pada anak dengan ekonomi tinggi/dan keluarga mampu.

B. Tujuan
1. Menjelaskan penyebab bronkitis
2. Menjelaskan gejala bronkitis
3. Menjelaskan pencegahan bronkitis
4. Mengingatkan pengetahuan masyarakat sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tersebut










BAB 2
ISI


Penyakit bronkitis merupakan penyakit musiman, biasanya penyakit ini diderita oleh sekelompok masyarakat yang tinggal dilingkungan yang kumuh, selain itu gaya makanan yang tidak bersih juga dapat mengakibatkan bronkitis, ketika tubuh tidak dapat optimal dalam memfungsikan imun, maka faktor ektrinsik akan berinvasi dan berinflamasi dalam organ yang dikehendaki (bronkus).
Ciri khas dari bronkitis adalah batuk yang sering dan kering pendek, tidak produktif dan timbulnya relatif bertahap 3 – 4 hari setelah munculnya rhinitis nyeri telan juga menyertai bronkitis.
Bronkitis terbagi menjadi bronkitis acut dan bronkitis kronis, penyebab dari bronkitis adalah virus yang merupakan penyebab utama, misalnya : Rhinovirus, Respiratory Sincyitial Virus (RSV), virus halmophilus influenza, virus pera. Influenza/Adeno virus dan Coxaclae virus, faktor predisposisi terjadinya bronkitis adalah alergi, perubahan cuaca, polusi udara dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) kronik yang memudahkan terjadinya bronkitis.
Tanda dan gejala penderita bronkitis adalah batuk kering dengan frekuensi sering, tidak produktif, timbulnya 3 – 4 hari. Rasa tidak enak pada daerah subternal bawah atau rasa nyeri terbakar daerah dada depan dan diperjelek dengan adanya batuk, batuk paroksimal disertai muntah. Dalam 2 – 3 hari batuk terjadi produktif menimbulkan suara, dan sputum berubah dari jernih menjadi parulen. Pada anak yang berbatuk mukoid sulit ditemukan karena sering ditelan, pada anak atau bayi yang sering merasakan sakit daerah retrosternal dan pada anak kecil dapat terjadi sesak nafas, setelah beberapa hari dapat timbul ronchi basah kasar dan suara nafas kasar, biasanya 5 – 10 hari mulus encer dan batuk panjang hilang secara bertahap serta badan yang sangat malaise sering yang disertai sakit selama kira – kira 1 minggu atau lebih setelah gejala – gejala akut mereda.
Komplikasi yang akan timbul bila tidak segera dilakukan tindakan keperawatan atau bila tindakan keperawatan yang dilakukan tidak tepat dan efisien dapat mengakibatkan : otitis, simusitis, pneumonia yang lazim dijumpai pada anak – anak mal nutrisi atau mereka dengan kesehatan yang buruk. Bronheolitis obliterus dan sindrom paru. Hiperlusen unilateral (sindrom swyer – james) sering dihubungkan dengan adenovinis.
Penatalaksanaan bronkitis adalah dengan memberikan obat penurun demam. Banyak minum terutama sari buah – buahan, obat batuk (kodein), belum ada obat kausal dan terapi spesifik,anti biotik tidak berguna karena pada umumnya bronkitis disebabkan oleh virus bukan bakteri.

































BAB 3
PENUTUP


Demikian makalah ini kami susun, kami berharap makalah ini berguna dan juga membuka tangan kepada para pembaca makalah tentang saran dan kritik demi kesempurnaan makalah ini.

Kesimpulan
1. Bronkitis disebabkan oleh virus
2. Bronkitis sering menyerang anak – anak dengan umur ± 3 tahun dengan sosial ekonomi rendah
3. Gejala dan tanda brokitis adalah batuk kering pendek tapi sering dan tidak produktif
4. Komplikasi bronkitis adalah : otitis, sinusitis, pnemoni
5. Pemberian air minum yang banyak, sari buah – buahan dan obat penurun panas adalah tindakan yang bijak untuk mencegah komplikasi lebih lanjut
Terima kasuh atas segala partisipasinya, akhirnya penyusun mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan didalam makalah ini.

0 komentar:

Posting Komentar